-->
Nafilata Primadia

[Cerbung] Ayat-ayat Cinta 2 Bagian 15

"Maksud Hoca, apa menjelaskan hal itu? Apa hubungannya dengan saran saya agar Hoca beristirahat?"
Fahri tersenyum.

"Saya ingin paman dan seluruh saudara Muslim di sini memahami kondisi ini. Pekan lalu di Edinburgh Central Mosque, saya mendengar dua orang berbincang, satu orang bercerita anak perempuannya yang berjilbab tidak diterima kerja di sebuah toko elektronik di Glasgow, sementara dua orang teman perempuannya yang bule diterima. Padahal mereka sama-sama lulusan Glasgow University, dari jurusan yang sama. Bahkan nilai akademis anak yang berjilbab itu lebih baik. Ketika bagian HRD toko elektronik itu ditanya mengenai hal itu, ia hanya menjawab ada banyak pertimbangan dalam menerima karyawan."

"Kemarin saya menemukan data di internet yang diberitakan oleh BBC pada tanggal 16 Juni 2008, seorang gadis Muslimah berjilbab bernama Bushra Noah memenangkan gugatan sebesar $4,000 atas Sarah Desrosiers yang melakuakn diskriminasi agama, sebab menolak Bushra bekerja di salonnya di King's Cross, Central London, hanya karena Bushra berjilbab."
"Secara undang-undang negara tidak boleh disrkiminasi. Tetapi praktiknya tetap ada perlakuan diskriminasi bahkan intimidasi terhadap orang islam, terutama setelah peristiwa 11 Septembet 2001 dan bpm London pada 7 Juli 2005."
"Paman, sekarang ini kira berada di dunia global. Ibaratnya, jarum yang jatuh dipinggir Kota Adan, kota kelahiran paman yang jauh di Turki sana, dalam hitungan  beberapa detik telah terdengar sampai di London, Musselburgh ini, New York, bahkan terdengar sampai Jakarta, Indonesia. Hal-hal positif atau negatif sekecil apa pun bisa tersebar kemana-mana."

"Dan kita berada di tempat di mana profesionalitas dan kapabilitas masih cukup dihargai. Sarah Desrosiers itu tidak profesional, maka dia kalah di pengadilan. Titik ini yang seharusnya setiap Muslim memahaminya, sehingga tidak akan mudah berkeluh-kesah karena diskriminasi, konspirasi, dan sejenisnya."

"Cara melawan itu semua adalah dengan menunjukkan bahwa kita, umat Islam ini berkualitas. Bahkan harus lebih berkualitas dan lebih profesional dibanding orang-orang asli penduduk sini. Sudah menjadi naluri bahwa penduduk asli emdapatkan prioritas. Itu yang harus kita sadari. Maka kita harus menunjukkan memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki penduduk asli."

"Paman, inilah yang sedang saya lakuakn sejak saya mengambil doktor di Jerman. Jika rang Jerman melakukan penelitian empat jam sehati, maka saya harus delapan jam. Di sini, jika riset untuk postdoc biasanya selesasi dalam waktu dua tahun, maka saya harus lebih cepat dari orang-orang pada umumnya, dengan kualitas yang lebih baik atau minimal sama. Maish ada waktu setengah tahun lagi bagi saya menyelesaikan riset, pama. Tetapi saya ingin malam ini selesai dan besok sudah saya print dan saya serahkan kepada pihak kampus."

***
(bersambung...)
Nafilata Primadia
Load comments